Lebaran Dan Pakaian Baru

Kurang lengkap rasanya ketika kita berlebaran tidak menggunakan baju muslim sebagai sandang yang kita kenakan. Pada momen spesial tersebut memang diidentikkan dengan bersih dan suci sehingga tercermin juga melalui pakaian yang kita kenakan. Beberapa orang juga berlomba-lomba membeli pakaian baru seolah menunjukkan semangat untuk menjadikan dirinya menjadi pribadi baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Pada hari tersebut, baik itu pria, wanita maupun anak-anak sama-sama menggunakan baju jenis ini dengan berbagai macam modelnya. Untuk pria ada yang berlengan pendek maupun panjang dengan warna gelap maupun cerah. Sedangkan untuk wanita dan anak-anak, biasanya lebih berwarna-warni dibanding para pria. Meski berbeda model, corak dan motif, tetapi semuanya tampak serasi dan seragam, mengenakan jenis baju yang satu ini. Semuanya larut dalam suka cita silaturahmi dengan senyum mengembang di setiap wajahnya.


Bagi saya pribadi, membeli baju muslim baru di saat lebaran menjadi prioritas dibanding pakaian lainnya. Pada saat lebaran, biasanya banyak menawarkan diskon sehingga lebih murah, ditambah dengan pilihan yang lebih banyak. Saya biasanya memilih lebih dari satu pakaian sebagai stok pakaian di rumah. Karena pakaian ini merupakan pakaian sehari-hari yang saya gunakan untuk beribadah maupun pergi ke masjid. Baju ini pun biasanya dapat digunakan dalam kondisi-kondisi tertentu seperti kegiatan-kegiatan di RT maupun RW. Dengan membeli pakaian seperti ini juga kadang menambah semangat ibadah, karena warna dan keadaannya yang masih segar dapat menstimulasi tubuh dan pikiran untuk lebih fokus beribadah. Selain itu, ini menjadi identitas keagamaan yang ketika mengenakannya membuat saya merasa harus menjaga sikap untuk terus berbuat baik dan benar.

No comments