Usaha Tanpa Modal Agen Bukalapak, Ini Tantangannya

Memulai bisnis pasti perlu persiapan yang matang dan tentunya tidak asal-asalan. Pemahaman bisnis, modal yang cukup, kemampuan dan koneksi serta waktu yang tidak sedikit harus Anda berikan untuk bisa membangun bisnis. Hal ini jugalah yang terkadang membuat banyak orang takut untuk bisa memulai bisnis. Namun kini ada bisnis yang bisa Anda jalankan sebagai usaha utama atau usaha sampingan yaitu usaha tanpa modal agen Bukalapak.

Menjadi agen Bukalapak ini kini begitu mudah karena bisa mendaftarkan diri secara langsung di website Bukalapak. Berikut ini tahapan dan cara pendaftarannya:

- Daftarkan diri sebagai Agen Bukalapak dengan mendaftarkan alamat e-mail dan mengikuti semua prosedur yang ada.
- Setelah akun diterima, maka Anda sudah langsung bisa memulai dengan menawarkan beragam produk yang ada di Bukalapak ke calon pembeli Anda. Barang tersebut bisa disesuaikan dengan apa yang Anda sukai misalnya akan berjualan item fashion, kecantikan atau yang lainnya.
- Jika Anda mendapatkan pesanan, lanjutkan membeli barang di Bukalapak sesuai yang diminta pelanggan lalu masukkan data pembelian. Bayarlah senilai tagihan yang ada di jumlah akhir.
- Setelah pembayarannya diproses, kemudian tunggu barang pesanan datang. Setelah barang diterima dan transaksinya selesai, maka Anda langsung bisa mendapatkan komisi dari Bukalapak.

Tahapannya simpel bukan? Namun memang dapat diakui jika usaha menjadi agen Bukalapak ini hampir sama dengan sistem reseller sehingga banyak juga tantangan yang mungkin akan Anda hadapi. Berikut ini beberapa kemungkinan tantangan yang akan dihadapi untuk menjalankan usaha tanpa modal Agen Bukalapak:

- Resiko kalah bersaing
Sebagai pemain pemula, pasti Anda memiliki banyak saingan di sekitar Anda. Mungkin saingannya bukan betul-betul agen Bukalapak, namun saingan disini bisa dalam bentuk harga mengingat pembelian online memerlukan biaya kirim yang terkadang memberatkan pelanggan. Namun Anda juga memiliki kelebihan dimana ada beberapa benda yang tidak tersedia di sekitar Anda tapi tersedia di Bukalapak. Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan beragam produk yang mungkin masih sangat jarang dan sulit untuk ditemukan di kota Anda.

- Tidak memahami produk
Jika Anda menjadi agen Bukalapak, memang Anda bisa menjual segala hal yang ada di Bukalapak. Namun ada juga kelemahan di sistem ini dimana Anda jadi kurang memahami spesifikasi dari produk yang ada. Hal ini terkadang bisa jadi membuat calon konsumen kurang percaya kepada Anda karena pemahaman Anda yang kurang terhadap produk jualannya.

- Kurangnya kemampuan marketing
Jika Anda sudah memutuskan terjun menjadi agen Bukalapak, maka Anda juga harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Anda juga harus paham sedikit banyak tentang pemasaran. Hal ini dilakukan demi bisa mendongkrak penjualan Anda. Kurangnya pemahaman marketing yang dimiliki akan langsung berimbas pada turunnya penjualan.

- Kesalahan pematokan harga
Meski memang harga yang ada di Bukalapak sudah dipatok dengan jelas, namun terkadang masih banyak agen yang linglung dan lupa terhadap harganya. Memang Anda mengejar komisinya, namun pemahaman akan harga masing-masing produk juga sebaiknya bisa lebih didalami lagi.

Itulah beberapa tantangan yang kerap ditemui oleh mereka yang sudah menjalankan usaha tanpa modal agen Bukalapak. Meski memang banyak sekali tantangan yang mungkin ada, namun Anda tetap harus bekerja keras dan tidak patah semangat. Pangsa pasar untuk menjadi agen Bukalapak sangatlah besar sehingga Anda harus bisa memanfaatkannya meski banyak tantangan di dalamnya.


No comments